Selasa, 16 Februari 2016

Seperti Apa Mesin Rontgen Yang Dikenalkan Oleh IPB?


Pengolahan tanah memang mempunyai peran untuk mengubah serta memperbaiki struktur dari tanah. Di dalam konteks pertanian, masalah yang sering dihadapi oleh ahli pertanian dan ahli tanah ialah bagaimana cara untuk melakukan evaluasi serta kuantifikasi struktur dari hasil pengolahan tanah. Hingga pada akhirnya dikembangkan metode untuk evaluasi hasil struktur tanah. Guru besar dari Fakultas Teknologi Pertanian dari IPB (Institut Pertanian Bogor) memaparkan teknologi yang canggih di dalam metode evaluasi NDE yakni Machine Vision.

Teknologi yang satu ini memang membuka jalan untuk menuju pendeskripsian dengan cara rill serta kuantitatif yang berasal dari tanah yang di ingini sesuai tujuan pengolahan tanah. Mesin yang berasal dari Jepang ini dapat mengukur tanah di dalam keadaan yang utuh dan tidak terganggu. Di dalam bidang kedokteran, ketika dalam keadaan yang darurat sangat diperlukan diagnosa secara cepat yang memiliki resiko tinggi. Aplikasi dari Machine Vision ini dalam industri pertanian ialah terobosan yang terbaru di dalam teknik pengukuran dan ditujukan untuk lebih mempercepat analisis pertanian dan hasil pertanian dalam arti yang luas. Analisis ini menyangkut bahan baku, produk, hingga produk yang diolah dalam dunia industri. Hal ini dikemukakan seperti yang berada di laman Institut Pertanian Bogor.

Di dalam kisaran waktu yang singkat, yakni kurang lebih 27 detik, data proses dapat di tampilkan dengan sangat baik secara data digital atau pun data citra. Tentu saja jika hal ini terus di kembangkan perkembangan dalam industri pertanian akan semakin maju dan maju. Namun tentunya hal ini harus di dukung oleh pemerintah.


Guru besar IPB (Institut Pertanian Bogor) menambahkan, mesin yang satu ini memang canggih, namun harga dari mesin ini masih begitu mahal. Harganya sekitar 1.4 milyar. Tentu saja bukan harga yang murah, terlebih jika mesin tersebut digunakan untuk seluruh Indonesia. Akan tetapi teknologi ini juga mampu memberikan kontribusi yang sangat signifikan di dalam teknik pengukuran terlebih untuk struktur tanah. Teknologi seperti ini akan dapat menunjukkan informasi yang mendetail.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© urbandesignconference
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy PhamTM
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top