Senin, 15 Februari 2016

4 Tantangan yang Akan Anda Temukan Saat Homeschooling


Dengan standar pendidikan di Indonesia yang tak selalu konsisten, kondisi dari anak, maupun karena pilihan pribadi orang tua, homeschooling adalah salah satu alternatif untuk mendidik anak yang sekarang ini semakin mendapatkan perhatian. Sudah cukup banyak pula grup homeschooling Bandung dan di kota-kota besar lainnya yang memberikan program dan metode pembelajaran efektif sehingga orang tua bisa mendidik anaknya secara langsung.

Salah satu grup homeschooling daerah Bandung tersebut salah satunya adalah Primagama, yang memberikan metode homeschooling komunitas dengan program pembelajaran yang sampai setara SMA, dengan pilihan kurikulum nasional ataupun internasional. Anda sebagai orang tua memiliki kebebasan untuk menentukan mana yang terbaik bagi pendidikan anak Anda. Apalagi juga tersedianya konsultan pendidikan untuk membantu jika ada masalah yang terjadi.

Namun harus diakui bahwa seperti juga sekolah formal yang memiliki banyak kelemahan, homeschooling pun memiliki hambatannya sendiri, terutama di Indonesia. Misalnya saja:

1.       Belum ada standar kurikulum
Untuk homeschooling, belum ada kurikulum standar yang pasti. Jika Anda bergabung dengan komunitas homeschooling berbeda, ataupun menyusun kombinasi sendiri, maka belum ada standar yang benar-benar bisa jadi patokan.
2.       Materi belajar
Sebenarnya bukan masalah soal kurangnya materi, tetapi justru karena ada sangat banyak, sehingga akan sulit untuk menyaring dan memilih mana yang paling cocok untuk anak, dan mana yang efektif.
3.       Menanamkan disiplin
Ada kecenderungan di mana anak yang diajarkan oleh orang dekatnya seperti orang tua, justru akan memperlihatkan rasa enggan untuk menurut, berbeda dengan guru. Jadi biasanya disiplin menjadi masalah sendiri.
4.       Stigma masyarakat
Homeschooling masih belum terlalu umum sehingga masih ada stigma di masyarakat yang menganggap anak tidak “sekolah” dalam arti sesungguhnya, meski hal tersebut tak selalu benar.

Jadi begitulah, homeschooling memang mempunyai suka dukanya sendiri, yang harus Anda persiapkan ketika Anda benar-benar berniat untuk mendidik anak Anda di rumah. Jika Anda memang serius berniat untuk menyekolahkan anak Anda dengan sistem ini, Anda selalu bisa menghubungi komunitas homeschooling Bandung di Primagama, yang akan memberikan Anda bekal untuk memberikan anak pendidikan yang terbaik.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© urbandesignconference
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy PhamTM
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top