Rabu, 19 November 2014

Manfaat Neuroscience Dalam Kehidupan


Setiap ilmu yang ditemukan tentu punya manfaat bagi kemaslahatan hidup manusia, tak ubahnya dengan neuroscience tersebut. Dalam kehidupan yang diatur oleh otak ini, manusia bisa melakukan lebih banyak hal ketika ilmu tentang saraf itu ditemukan. Banyak ide besar muncul sebagai cabang perkembangan ilmu saraf. Nah, berikut ini manfaat nyata yang bisa dilihat dari penemuan terhadap disiplin ilmu ini.

Menemukan Ragam Penyakit
Semenjak ilmu biologi dan kimia berkembang, para ahli mulai bisa mengidentifikasi penyakit manusia. Dulu mungkin semua kasus dianggap penyakit dalam dan disembuhkan dengan ramuan yang sama. Tapi sekarang berbeda lagi, bahkan ada puluhan jenis penyakit yang menyerang tubuh manusia. Otomatis terapinyapun juga berbeda.

Dengan ditemukannya ilmu sistem saraf, penyakit jiwapun dapat diketahui penyebabnya. Dulu mungkin manusia mengira kalau penyakit jiwa itu hanya karena stress, tapi sekarang terbukti bahwa penyakit ini merupakan keturunan, kerusakan sistem saraf, dan bahkan bisa karena hormonal.

Menemukan Obat
Setelah penyakit diidentifikasi secara detail, maka ilmu pengobatan mengalami perkembangan pesat. Cabang-cabang pengobatan dari zaman dahulu ikut diteliti demi mendapatkan teknik pengobatan yang sempurna. Misalnya akupuntur, kiropraksi, dan herbal. Jadi bukan hanya dari bahan kimia saja.

Ketika manusia mampu menemukan penyebab penyakit kejiwaan dan gangguan otak, misalnya stres, meningitis, demam, infeksi, dan sebagainya, mereka kemudian mampu menemukan penangkalnya. Orang yang sakit jiwapun ternyata bisa disembuhkan ketika otaknya diberi obat perangsang. Atau sebaliknya, otak normal dapat dibuat gila dengan obat-obatan narkotika dari cabang neuroscience. Mengoptimalkan Kecerdasan Manusia

Tujuan lain dari penelitian terhadap sistem saraf manusia adalah mengoptimalkan cara kerja otak. Bila manusia mengetahui bagaimana otak bekerja, ia pasti mampu menemukan cara untuk membuat otak menjadi lebih cerdas. Hal ini terbukti dari penemuan nutrisi yang berhubungan dengan perkembangan otak, hal-hal yang dapat merusak otak, teknik konsentrasi, dan sebagainya.

Belakangan bahkan hadir cara melejitkan otak dengan sistem gelombang, penemuan mengenai otak tengah, permainan otak, dan senam khusus untuk otak. Semakin hari ilmu sistem saraf ini akan semakin diminati.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© urbandesignconference
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy PhamTM
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top